Jumat, 15 Februari 2013

Macam-Macam makanan khas Lontong

1. Lontong Balap


Lontong balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan diatas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan di pencet ini bentuk lentho asli lontong balap berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu di ambilkan kuah secukupya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu sate kerang beberapa tusuk.

2. Lontong Kikil Suroboyo


Lontong kikil merupakan makan khas Jawa Timur, khusunya daerah Surabaya. Biasanya terbuat dari kikil sapi (kaki sapi) dengan lontong yang dipotong-potong kecil sebagai pengganti nasi. Lontong kikil enak disajikan ketika masih hangat karena ketika dingin akan terasa mengental.

3. Lontong Kupang


Kota Surabaya, selain terkenal sebagai kota Pahlawan juga dikenal akan wisata kuliner yang legendaris. Misalnya, Lontong Kupang. Lontong Kupang juga merupakan salah satu makanan khas Surabaya dan Sidoarjo. Makanan ini paling sering kita jumpai di pantai kenjeran. Terdiri dari bumbu petis hitam, lontong, kuah bercampur kupang sejenis tiram atau kerang kecil. Sajian ini cukup sederhana, kupang yang telah direbus, disajikan dengan petis yang digerus dengan bawang putih, campuran tersebut akan diencerkan dengan membubuhi sedikit kuah rebusan kupang. Ditambahkan irisan lontong diatasnya ditaburi potongan lento lalu disiram dengan kuah rebusan kupang. Menikmati sajian ini akan lebih nikmat bila ditambah sate kerang. Sate ini lebih pas jika ditambahkan sambal petis dengan taburan bawang goreng.

4. Lontong Mie Suroboyo


Lontong Mie adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas kota Surabaya. Seperti namanya makanan ini terdiri dari lontong dan mie, sangat enak dinikmati di pagi hari. Yang membuat khas adalah petis udang yang dicampurkan sebagai bumbu, sangat mengundang selera siapa saja yang mencobanya.

5. Tahu Lontong Suroboyo



Surabaya mempunyai bermacam-macam makanan khas. Salah satunya adalah tahu lontong. Bentuknya dan rasanya hampir mirip dengan tahu tek, namun serupa tapi tak sama.



sakjane sik akeh lho makanan suroboyo sing nganggo lontong, contone Tahu Campur (asal'e soko lamongan, tapi di suroboyo yo wakeh), Lontong sate (asal meduro, tp nang kene yo wakeh), Tahu tek, de el el..

ayo cak ayo ning ditambahi infone.. hihihi 
ojo ngiler (  ) ae yo, ayo ndang tuku 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar